Festival Viking di Skotlandia
Oleh cella | 11 May 2012


sumber: www.uphellyaa.org

Up Helly Aa adalah Festival terbesar di Skotlandia yang diselenggarakan sekali setiap tahunnya pada akhir bulan Januari.

Festival ini diadakan di Kepulauan Shetland, daerah Utara Skotlandia, dan dirayakan di beberapa kota diantaranya Lerwick, Nesting, Scalloway, Northmavine dan beberapa tempat lainnya.


Letak Kepulauan Shetland

Setiap tahun penduduk lokal membangun sebuah replika dari Kapal Viking/Viking Longship), yang akan digotong beramai-ramai menyelurusi kota. Prosesi berbondong-bondong ini diramaikan oleh sekelompok orang (Jarl Squad) yang berpakaian kostum ala prajurit Viking sambil membawa obor yang menyala.


sumber: www.uphellyaa.org
Proses pembuatan Kapal Viking


sumber: www.crviewer.com
Kapal Viking berkepala naga yang akan dibakar


sumber: http://forum.xcitefun.net
Prosesi menggotong kapal

Dan parade ini akan diakhiri ketika pemimpin upacara (yang dinamakan Guizer Jarl) memberi kecupan ke patung naga yang terletak di bagian depan kapal. Setelah itu seluruh partisipan yang tergabung di dalam parade melemparkan obor mereka ke kapal dan membiarkannya terbakar habis seperti layaknya upacara kematian ala Viking.


sumber: www.weirdfestivals.com
Kapal yang terbakar


sumber: www.uphellyaa.org
Prosesi berbondong-bondong membawa obor


Photo oleh: Millgaet Media
William “Fejur” Tait (Guizer Jarl tahun 1960) sedang membuat obor untuk perayaan.


sumber: www.uphellyaa.org
Beberapa orang yang pernah menjadi Guizer Jarl

Festival yang dirayakan sekarang ini merupakan bentuk dari perkembangan tradisi kuno 'Tar Barrelling' yang dirayakan pada malam menjelang Natal. Dimana sekelompok orang-orang muda akan menyeret tong-tong yang berisi tar yang terbakar menyelusuri kota dengan menggunakan kereta luncur/sledges, dan membuat banyak kekacauan. Setelah tradisi menyeret tong tar ini tidak dibolehkan lagi (sekitar tahun 1874-1880), prosesi penggunaan obor pun diijinkan. Perayaan obor pertama di Festival Up Helly Aa diadakan pada tahun 1881, sedangkan proses pembakan Kapal Viking diadakan pada tahun 1889.



sumber: www.uphellyaa.org
Jarl Squad

Setelah prosesi, masing-masing kelompok Jarl Squad yang berpakaian ala prajurit Viking mengunjungi tempat-tempat bir lokal (seperti kafe, bar dan hotel) untuk mempertunjukkan akting mereka serta berdansa dengan para penonton. Karena banyaknya kelompok yang berpartisipasi di event serta banyaknya tempat bir lokal, kelompok ini membuat giliran dalam pengunjungan. Inilah yang membuat pesta dansa dan minum setelah parade biasanya berlangsung semalam suntuk sampai hari selanjutnya.


Photo oleh: Vincent Prevost
Berdansa setelah parade


sumber: www.uphellyaa.org
Beberapa atraksi menarik juga dipertunjukkan selain berdansa

Jadi, kalau Kamu berada di Skotlandia pada akhir bulan Januari, carilah tiket kapal menuju ke Kepulauan Shetland, dijamin Festival ini akan menjadi malam yang tidak akan terlupakan.

Kunjungi website resmi Up Helly Aa di: www.uphellyaa.org
 

 

 

 

 

Share