Pulau Anambas, Surga Tersembunyi di Indonesia
Oleh admin | 19 September 2011

Kepulauan Anambas adalah sebuah kepulauan kecil di Indonesia, terletak di Laut Cina Selatan antara Malaysia timur dan barat dan Kalimantan. Kumpulan pulau ini merupakan bagian dari Provinsi Kepulauan Riau, dan kadang dimasukkan dalam Kepulauan Natuna yang lebih besar, terletak beberapa ratus kilometer di sebelah timur.dan sekarang sudah membentuk kabupaten sendiri sejak 2009.

Salah satu daya tarik utama dari tempat ini adalah adanya peninggalan kapal tenggelam yang bernama "Seven Skies". Secara umum letaknya yang dekat dengan Singapore memberikan aksesibilitas yang cukup mudah untuk dicapai. Tempat ini menyajikan atraksi bawah laut yang tak terduga, dimana suasananya terkadang sepi, namun sesekali bisa saja seekor whaleshark melintas, sehingga membuat mereka yang berkunjung ke sana takjub. Selain itu, tempat ini cocok bagi mereka yang suka menikmati laut dan bersantai di bawah sinar matahari dengan ditemani oleh birunya air laut.

Pemerintah Indonesia sendiri tampaknya mulai memperhatikan potensi yang ada pada tempat ini. Dalam upaya mendukung kepariwisataan di Kabupaten Kepulauan Anambas, tersedia berbagai fasilitas pendukung seperti hotal, restoran, tempat hiburan, bank, jasa transportasi dan jasa kepariwisataan.

Lokasi lokasi menarik

Selat Rangsang

Memiliki pemandangan alam yang menawan berupa beberapa pulau berbukit yang rimbun. Perairan tenang yang berada di Kecamatan Siantan Timur ini sangat cocok untuk tempat bersantai sambil melakukan berbagai aktivitas bahari seperti snorkeling, renang dan bersampan atau sekedar berjemur dipantainya yang berpasir putih dan halus.

Menilik Pulau Durai

Pulau mungil yang terletak di Kecamatan Palmatak ini adalah tempat konservasi penyu di Kepulauan Anambas. Menjelang sore puluhan penyu betina mendarat ke bibir pantai, lalu menggali pasir pantai untuk bertelur. Pulau Durai dengan Pantainya yang indah, berpasir putih dan dipenuhi penyu di sore hari adalah andalan wisata di Kepulauan Anambas.

Pulau Bawah

Gugusan Pulau Bawah terdiri dari empat gugusan pulau kecil lainnya dengan luas keseluruhan 99,739 hektar. Jarak tempuh dari tarempa ke Pulau Bawah sekitar 7 jam bila menggunakan alat transportasi pompong (perahu bermotor), sementara bila menggunakan speed boat sekitar 4 jam. Berbagai eksotisme akan ditawarkan kepada Anda, antara lain adalah Diving, Snorkeling, Fishing, Swimming, dll

Pantai Padang Melang

Pantai yang berada di Kecamatan Jemaja ini dapat dijangkau dengan kendaraan roda 2 selama kurang lebih 30 menit dari Letung, ibukota Kecamatan Jemaja. Pantai ini memiliki panjang mencapai lebih dari 7 Km. Pasirnya sangat landai dan bentangannya cukup lebar sehingga sering digunakan masyarakat untuk lomba bola volley pantai bahkan motor cross. Bentuk pantai yang melengkung, dikelilingi perbukitan dan perairannya tenang sehingga kerap digunakan sejumlah kapal nelayan untuk tempat berlabuh. Pada saat-saat tertentu sering digelar pentas hiburan seperti pentas kesenian, pemutaran layar tancap, dan lainnya.

Pulau Penjalin

Merupakan salah satu pulau terindah di Kabupaten Kepulauan Anambas yang terletak di Kecamatan Palmatak. Pemandangan alamnya indah berhias pulau-pulau mungil disekitar perairannya. Pantainya berpasir putih dan lembut, sangat cocok untuk tempat berjemur dan melakukan bermacam aktifitas pantai lainnya. Perairannya tenang, berair biru dan dihiasi bermacam ornamen bebatuan bermacam bentuk dan ukiran. Sangat cocok sebagai tempat olahraga air seperti menyelam, snorkeling, renang maupun bersampan.


Sumber: berbagai sumber.

Share