Theater 4 Dimensi, TMII, Jakarta
Oleh trueorvalz | 25 December 2012

 

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) memiliki banyak fasilitas, anjungan, serta wahana seru untuk dikunjungi, salah satunya adalah Theater 4 Dimensi. Saya bersama teman saya penasaran mencoba Theater 4 Dimensi. Theater 4 Dimensi merupakan pemutaran film 3 dimensi yang ditambah dengan 1 dimensi efek khusus diluar dari film tersebut. Efek tersebut bisa berupa angina, asap, kilatan cahaya, semprotan air, dan lain-lain sesuai dengan yang ditayangkan di film. Sedangkan film 3 dimensi yang disebutkan diatas adalah suatu film yang dibuat secara khusus dan ditampilkan dengan dua buah proyektor stereoscopic yang berfungsi untuk membedakan gambar yang dilihat oleh mata kanan dan mata kiri. Hal ini berkaitan dengan peralatan khusus untuk menonton film 3 dimensi yaitu kacamata khusus 3 dimensi. Kacamata ini memperjelas perbedaan versi gambar yang dilihat oleh mata kanan dengan mata kiri agar menimbulkan kesan pada otak seolah-olah gambar tersebut memiliki bayangan. Dengan kacamata ini, otak kita dapat menggabungkan kedua versi gambar sehingga gambar yang kita lihat adalah gambar 3 dimensi. Menarik bukan?

 

 

Saya segera menuju Theater 4 Dimensi. Di depan gedung Theater 4 Dimensi terdapat parkiran mobil sehingga memudahkan  bagi Anda yang membawa kendaraan sendiri. Setelah memasuki pintu masuk, saya langsung membeli tiket seharga Rp 15.000 per orang. Awalnya saya bingung ingin menonton yang mana tetapi petugas Theater 4 Dimensi cukup jelas menerangkan bahwa wahana ini memutar film setiap 30 menit sekali dari pukul 09.15 hingga pukul 17.00. Setiap film berdurasi 15 menit, Beberapa film yang ditayangkan adalah Rilly’s Sky Adventure dan Salamander. Awalnya saya dan teman saya berniat menonton film pukul 14.00 tetapi karena 5 menit sebelum pemutaran datang rombongan murid SD, kami akhirnya memutuskan untuk menunda hingga pukul 16.45 agar tidak terlalu ramai. Petugasnya juga memberitahu kami bahwa tiket dapat dipergunakan pada hari yang sama dengan hari dibelinya tiket sehingga pengunjung dapat memilih waktu dan film mana yang ingin ditonton. Satu tiket berlaku untuk satu kali pemutaran film.

 

 

Kami memilih pemutaran film terakhir, Salamander. Ketika kami masuk, kami dipinjami kacamata polarized yaitu kacamata yang lensa kanan dan kirinya berbeda agar efek 3 dimensinya terasa. Di dalam studio pemutaran film, pengunjung bebas memilih tempat duduk dan kami memilih tempat duduk di tengah studio. Kami menonton film 4 dimensi selama 15 menit.

 

   

 

Menurut saya, konten dari film Salamander menarik dan mudah dimengerti, khususnya untuk anak-anak. Selain itu, bahasa yang digunakan adalah Bahasa Indonesia sehingga lebih mudah dicerna oleh penonton anak-anak. Efek 4 dimensinya pun juga terasa seperti adanya semprotan air dari atas maupun hembusan angin. Sebaliknya, saya sedikit terganggu dengan kualitas gambar yang ditayangkan sehingga saya tidak bisa sepenuhnya menikmati wahana ini.  Secara keseluruhan, wahana ini merupakan media edukasi yang baik untuk anak-anak dan harus saya akui, harganya yang relatif terjangkau sesuai dengan kualitas yang diberikan Theater 4 Dimensi. 

Share